Minggu, 23 Agustus 2015

Let's Get Lost in Jakarta!

Ceritanya, kemarin Sabtu 22 Agustus 2015, jadwalnya si mungil Scarlett masuk bengkel karena body bagian bawah penyok abis gasruk trotoar (ternyata asuransi mobil itu membantu banget buat orang yg nyetirnya masih rookie haha). Saya dan suami udah nongkrong pagi-pagi di Honda Pondok Indah buat ninggalin Scarlett rawat inap. Nah, mau langsung balik lagi ke Bekasi saya merasa rugi dong udah bela-belain bolos kelas zumba dan menjahit hari itu demi nganter Scarlett ke Jakarta haha.. Akhirnya kami memutuskan untuk membolang (bocah ilang) dulu sebelum pulang.

Tujuan pertama saya pengen ke Pasar Mayestik yang melegenda dengan kain-kain cantiknya. Bingung naik apaan ke sananya, jangan kuatir karena ada mbah Google. Di sana tertulis kami bisa naik Metromini no. 74 jurusan Blok M - Mayestik - Tanah Kusir. Siipp lahh.. keluar bengkel langsung muncul tuh si Metromini 74. Dengan pedenya kami langsung naik dan duduk manis. Di perempatan Mall Pondok Indah, sang Metromini bukannya belok kiri ke arah Blok M/Mayestik, eh malah puter balik. Hati kami mulai ragu ini bus sebenernya mau ke mana sih, karena GPS juga bilang kita menuju arah yang salah. Olalaa... rupanya kami dibawanya ke daerah Tanah Kusir, yang berarti kami naik Metromini 74 yang sudah mau pulang ke pemberhentian terakhirnya di Tanah Kusir haha.. Bener-bener jadi bocah ilang nih judulnya. Yasudahlah, daripada kami nyasar lebih lanjut di daerah antah berantah, kami turun aja di dekat kuburan Tanah Kusir yg terkenal itu (udah kayak mbak kuntil turunnya di kuburan). Nyebrang jalan, langsung nyetop Metromini 74 yang menuju ke arah sebaliknya. Kali ini saya pastikan dulu ke pak kernet, bener gak ini ke arah Mayestik, baru kami naik haha..

Metromini 74 di Terminal Blok M
Setelah beberapa lama dugem (duduk gemetar) di dalam Metromini yang berguncang-guncang, sambil memantau GPS juga, sampailah kami di Pasar Mayestik dengan selamat sentosa, kira-kira masih jam 9 pagi. Ternyata pasar ini bentuknya sudah bagus dan ber-AC, seperti mall. Belum ada toko kain yang buka di dalam plazanya. Jadi kami menyusuri toko-toko kain di luar plaza, saya cari satu persatu nama toko yang banyak direkomendasikan oleh para netizen. Ternyata tidak sesuai harapan saya, pilihan kain yang saya cari tidak terlalu banyak, dan harganya juga standar gak murah-murah banget seperti yang dibilang di internet. Intinya masih belum sreg belanja kain di sana haha.. Padahal perjuangan menuju lokasinya aja udah menguras emosi, sampai sana malah gak beli apa-apa. Maka sebelum kesabaran pak suami habis, kami putuskan untuk segera cabut dari tempat itu.

Pasar Mayestik yg sudah bagus

Merasa buta arah, browsing lagi deh nyari angkutan buat pulang. Mbah Google bilang, dari Mayestik kami harus naik angkutan ke terminal Blok M, ntar dari Blok M baru oper angkutan lagi ke terminal Kampung Rambutan. Persis di depan Pasar Mayestik kami nyetop sembarang angkutan yang tulisannya Blok M, waktu itu kalo gak salah Metromini 611. Perjalanan sedikit macet karena jalur kami melewati proyek pembangunan MRT. Tak lama kemudian sampailah kami di terminal Blok M.

Terminal Blok M ini dikelilingi mall besar seperti Blok M Square, Blok M Plaza, dan Pasaraya Grande. Lagi-lagi saya ogah pulang, pengen nge-mall dulu haha.. Saya rayu lah pak suami, dengan alasan udah lama gak pergi ke bioskop. Yeess.. untungnya doi setuju, cuusss kita masuk ke Blok M Plaza. Masih jam 10.30 pagi, bioskop belom buka dong yaa.. Jadi kita keliling mall dulu, keluar masuk toko, naik turun eskalator. Sebenernya saya juga butuh tas kerja dan heels baru karena yang lama udah beset sana sini, kan malu kalo dipakai meeting di kantor hihihi.. Tapi boro-boro beli, baru milih-milih aja si bos besar udah keliatan bete nungguinnya. Yasudah lain kali aja deh belinya gak usah ngajak suami. Hadeehh.. cewek kalo mau shopping mendingan gak usah lah ngajak cowok, diburu-buru terus jadi kurang puas kan milih barangnya. Kecuali kalo ke pasar, boleh lah ngajak cowok, lumayan buat ngangkutin sayur belanjaan hihihi..

Salah satu sisi Blok M Plaza

Rasanya udah semua lantai mall kami kelilingi, tapi bioskop belum buka juga. Akhirnya kami makan dulu di resto seafood D'Cost. Terjadi percakapan kocak dengan mas waiternya.

Waiter: Mau nambah teh atau sambelnya kak?
Saya: Gak usah mas.
Waiter: Teh dan sambelnya free kak.
Saya: Oh boleh deh, es teh manis ama sambel mangga ya mas.

Hahaha.. Prinsip saya: Biar plinplan asal dapet gratisan! Tapi ujung-ujungnya itu sambel gratisan gak saya habiskan juga, wong pedesnya minta ampun!

Dapat gratisan sambal mangga dan es teh manis

Selesai makan, bioskop sudah buka. Tak direncanakan kami malah movie marathon. Pertama film kartun berjudul Inside Out, langsung lanjut film kedua dari komik Marvel berjudul Fantastic Four. Harga tiketnya mahal juga ya, 50 ribuan padahal bioskopnya masih level 21. Di Bekasi aja udah XXI tapi harganya cuma 40 ribuan (yaiyalaahh.. Jakarta kok dibandingin ama Bekasi hahaha).

Ini kedua film yg kami tonton di bioskop

Film kelarjam 16.30, udah cukup kencannya, time to go home. Kami pun kembali ke terminal Blok M, berniat naik Metromini 76 jurusan Blok M - Kampung Rambutan. Sejauh mata memandang, yang dicari kok gak ada yaa? Akhirnya mata kami tertumbuk pada bus Kopaja 605, yang juga ke arah Kampung Rambutan. Langsung deh naik. Ngetemnya lama euyy... si bos sampe bete kepanasan.

Untung kemarin Kopaja nya gak penuh kayak gini hihi..

My baby boy mulai rewel karena Kopaja ngetem lama

Ke Jakarta belum lengkap kalo belum merasakan macetnya lalu lintas. Marah juga gak bakalan bikin jalanan lancar. Gak heran ya, banyak penumpang yang nyumpelin headset di telinga, ataupun asyik dengan games di gadgetnya. Sedangkan kami ngobrol berdua dengan bahasa Jawa, sesekali bergumam takjub saat Kopaja melewati deretan rumah dan gedung mewah hahaha.. Abis di kampung gak ada yang kayak gitu.

Turun dari Kopaja, kami nyambung lagi naik angkot AL 28 Tol yang ke arah Ujung Aspal. Naik angkot ini harus siap-siap berdesakan kayak pepes, soalnya kalo belum penuh gak bakalan berangkat haha.. Kami turun di kolong jalan layang dekat pintu tol Jatiwarna, karena di situlah para abang ojek mangkal. Yupp, karena Puri Gading udah dekat, langsung ajalah naik ojek sampe depan rumah.

Angkot AL 28 Tol

Fiuuuhh... Sampai juga di rumah. Udah jam 19.00, artinya 12 jam kami melakukan perjalanan antarkota antarprovinsi haha.. Ini baru nyoba sehari naik angkutan umum rasanya udah kayak tua di jalan, pergi kinclong pulangnya ubanan. Gimana rasanya kalo tiap hari harus pulang pergi ke kantor naik angkutan umum? Hahaha.. Makasih deh. Mending kami tetap setia dengan motor kesayangan, gapapa capek dikit nyetirnya tapi sampai rumah bisa lebih cepat. Kalo naik motor kan bisa nyelip-nyelip di antara kendaraan besar dan bisa lewat jalan pintas yang sempit. Emang andalan banget deh kedua sepeda motor kami! Sehat terus ya, Tor! *elus-elus sepeda motor*

Enjoy Jakarta, good people!